Rabu, 09 Desember 2015

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG



UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG


Universitas muhammadiyah malang merupakan institusi pendidikan tinggi yang dilandasi oleh suatu komitmen menyelenggarakan pengajaran, pendidikan, penilitian, dan pengabdian yang dapat memperkuat bangsa yang berakhlak mulia dan berkarakter unggul serta bersaing dalam kehidupan antar-bangsa. Untuk mewujudkan komitmen ini, Uversita Muhammadiyah Malang melakukan pengembangan secara berkelanjutan (sustainable development) terutama pada aspek yang menjadi kunci dan inspirasi perubahan seperti sumberdaya insani (akademik maupun non-akademik) dan ruang akademik (academic sphere) yang digerakkan oleh nilai-nilai keutamaan universal yang bersumber dari Islam dan budaya bangsa.
Berdasarkan komitmen tersebut, Universitas Muhammadiyah Malang mampu tampil sebagai kampus yang menuai prestasi dan pengakuan dari institusi lokal, nasional, regional, dan global. Sampai pada usia 51 (1964-2015), telah menuai banyak pengakuan dan prestasi seperti: 20 besar Universitas terbaik se-Indonesia, termasuk 50 besar Promising Indonesian Universities, 10 Perguruan Tinggi terunggul di Jawa Timur oleh kopertis wilayah VII Jawa Timur selama 7 tahun berturut-turut (2008,2009,2010,2011,2012,2013, dan 2014) sehingga memperoleh anugerah kampus Unggulan KARTIKA, serta memperoleh anugerah bintang dua hari lembaga akreditasi internasional QS-Stars yang berpuasat di London. Sejak tahun 2010, pelayanan di UMM memperoleh pengakuan secara internasional yang dibuktikan dengan penerimaan sertifikat ISO 9001:2008 oleh National Quality Assurance (NQA) yang merupakan representasi lembaga akreditasi internasional dari UKAS (United Kingdom Accreditation Service). UMM juga masuk dalam rangking Webomatrics mulai tahun 2009-2014.
UMM juga dikenal sebagai kampus putih, memiliki 3 lokasi kampus yang didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Beberapa prasaran pendukung di antaranya laboratorium di setiap program studi, perpustakaan yang bisa di akses secara on-line, areal hot-spot untuk intranet maupun internet, fasilitas olahraga, seni maupun pusat pembinaan keagamaan berupa masjid (Ad-Da’wah di kampus II dan masjid AR. Fachrudin di kampus III, serta Masjid KH Bedjo Darmolaksono di area Rumah Sakit UMM) yang difungsikan sebagai tempat ibadah serta tempat kajian dan pendalaman wawasan ke-Islaman dan kemasyarakatan. Beberapa fasilitas yang telah dibangun di antaranya adalah UMM Inn, Book Store, Bengkel Otomotif, Domme UMM, Rusunawa I dan II, Pembangkit Listrik Mikrohidro,UMM  Medical Center (poliklinik spesialis, dokter umum dan dokter gigi), Apotek UMC, Rumah Sakit UMM, SPBU, dan Taman Rekreasi Sengkaling.
Sebagai lembaga pendidikan tinggi, UMM memberikan suasana akademik yang kondusif bagi sivitas akademinya, di dalamnya berlangsung proses pembelajaran yang utuh, baik di kelas, di ruang-ruang seminar bahkan di seluruh lingkungan kampus, tentu saja dengan dukungan fasilitas yang memadai. Dalam suasana akademik yang kondusif maka komunitas akademiknya memiliki ciri khas yang mengedepankan keberanian yang bertanggung jawab, kebebasan yang didasari nalar yang kokoh, dan terbuka dalam menerima informasi yang diperlukan dengan dilandasi keimanan dan ketaqwaan dalam mengemban amanah Tridarma perguruan tinggi yang meliputi; pendidikan dan pengajaran, penilitian dan pengabdian kepada masyarakat.

SEJARAH SINGKAT DAN PERKEMBANGAN UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH MALANG

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri pada tahun 1964, atas prakarsa tokoh- tokoh dan pemimpin daerah Muhammadiyah Malang. Pada waktu itu, Universitas Muhammadiyah malang merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, yang didirikan oleh yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta dengan akte Notaris R. Sihojo Wongsowidjojo di Jakarta No.71 tanggal 19 Juni 1963 berdasarkan Gouvernement Besluit Nomor 81 tanggal 22 Agustus 1914.
Pada awalnya, Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai 3 fakultas yaitu (1) Fakultas Ekonomi (2) Fakultas Hukum, dan (3) Fakultas Pendidikan dan Pengajaran (FPP) jurusan Pendidikan Agama. Ketiga fakultas ini mendapat status terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 1966 dengan surat keputusan Nomor 68/B-Swt/p/1966 tertanggal 30 Desember 1966.
Hingga tahun 2015/2016, UMM memiliki 10 fakultas terdiri atas:
·         34 program sarjana (S1)
·         11 program magister (S2)
·         3 program doktor (S3)
·         3 program diploma (D3)
·         3 program profesi (Dokter, Ners, dan Akuntan).
UMM di usia 51 (1964-2015) terus berbenah untuk mewujudkan visi menjadi universitas terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) berdasarkan nilai-nilai Islam. Sejak tahun 1983 UMM mengalami perkembangan pesat, baik dalam peningkatan akreditasi Program Studi dan Institusi, serta penjaminan mutu internal, pemantapan sistem Sentralisasi Administrasi dan Desentralisasi Akademik (SADAK), peningkatan sarana dan fasilitas kampus, maupun peningkatan sumber daya manusia yang terdiri dari tenaga pendidik, kependidikan dan administrasi secara kuantitas dan kualitas.
Dalam rangka mendukung kegiatan kegiatan akademik UMM memiliki sarana fifik dan fasilitas akademik:
Kampus I                      : Jl. Bandung No.1 Malang 65113.
Kampus II                     : Jl. Bendungan Sutami No.188 A 65145.
Kampus III                   : Jl. Raya Tlogomas No.246 Malang 65144.
Rumah Sakit UMM      : Jl. Raya Tlogomas No.45 Malang 65144.

VISI-MISI UNIVERSITAS

VISI:
Menjadi Universitas terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) berdasarkan nilai-nilai Islam.
MISI:
a.       Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu.
b.      Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan manusia.
c.       Menyelenggarakan pengelolaan Universitas yang amanah.
d.      Menyelenggarakan pembinaan civitas akademika dalam kehidupan yang Islami sehingga mampu beruswah khasanah.
e.       Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar